Pentingnya Disiplin Persiapan Produksi

2 Hari yang lalu salah satu sahabat saya yang juga seorang pewarta foto mengalami permasalahan waktu dia melakukan shooting di medan. File audio hasil rekam yang dia peroleh, mengalami distorsi luar biasa, dari awal sampai akhir.

Hal ini cukup menarik buat saya; karena terlepas kita memiliki pengalaman, keahlian dan pengetahuan. Dalam setiap pekerjaan pasti ada prosedur tetap yang harus kita lakukan. Dan kita harus disiplin untuk itu. Salah satu prosedur yang menurut saya sangat penting untuk dilakukan adalah; prosedur persiapan. Persiapan itu bisa dilakukan pada saat pra produksi, produksi, dan diantara waktu produksi berdasarkan schedule yang kita miliki. (Point ketiga ini sangat saya tidak sarankan untuk dilakukan, apapun alasannya)

Walaupun demikian saya juga mengerti dikarenakan begitu banyaknya faktor dalam sebuah produksi,
kita sebagai praktisi selalu diminta untuk tetap bisa bekerja dengan cepat, tepat dan akurat.

Saya pribadi sangat menolak apapun alasannya jika sebuah produksi sudah melanggar semua prosedur tetap yang harus dilakukan oleh tiap departemen. Karena. Menurut pengalaman saya dalam produksi; hal tersebut hanya akan menimbulkan permasalahan baru. Pada saat dimana semua elemen tidak berpihak kepada proses produksi.

Misalnya; cuaca buruk, waktu yang berlebihan di satu lokasi, talent/narasumber yang terlambat datang. Dan banyak faktor lain.

Variabel-variabel tersebut akan terakumulasi dan mendorong manajemen produksi meminta setiap departemen bekerja dengan cepat. Sehingga dalam kondisi seperti itu kita sering terpaksa mengabaikan apa yang kita kenal sebagai prosedur tetap tadi.

Ini akan sangat berbahaya bagi proses produksi itu sendiri jika dilakukan secara konstan di dalam jadwal produksi.

Semoga tulisan ini bermanfaat buat temen-temen seprofesi, baik itu yang seangkatan saya. Yang mana (seperti yang saya sampaikan sebelumnya) Kita sering di push atau diminta. Di push itu bahasa yang paling ga enak. Bahasa halusnya itu diminta. Untuk tetap bisa bekerja dengan cepat, tepat dan akurat dalam semua keadaan, | sementara di lain sisi ada prosedur yang tetap harus kita lakukan demi menjaga kelangsungan produksi itu sendiri.

Semoga tulisan ini juga bermanfaat buat temen-temen yang berminat untuk bekerja di bidang produksi video.

Lebih baik kita meminta waktu persiapan yang lebih panjang, daripada akhirnya kita malah membahayakan produksi itu sendiri. Karena apa? Karena produksi itu kerja kolektif, melibatkan banyak orang dan perencanaan. Produksi itu juga melibatkan pembiayaan.

Jika satu departemen bermasalah maka permasalahan tersebut akan menjadi masalah  untuk departemen yang lainnya.

Watch The Video

admin

“Some people will like me and some won't. So, I might as well be myself, and then at least I'll know that the people who like me, like me.”

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *